Sabtu, 26 November 2016

RPP soal BDA






























Oke guys, postingan kali ini berasal dari salah satu matakuliah yang ane suka yaitu Bumi dan Antariksa, kalau disingkat menjadi BDA. Saya akan menampilkan tabel  RPP soal BDA berikut ini yang bisa dipelajari untuk para calon guru fisika tentang gimana caranya bikin rpp soal. semoga membantu gengs :)




NO
Materi Pokok
Aspek Saintifik
Indikator Soal
Soal
Jawab
1.
Mengenal bumi dan pembentukan tata surya
Mengamati
Diberikan gambar salah satu teori tata surya, Siswa mampu menentukan kategori ciri teori tata surya tersebut
1.      Pada proses pembentukan tata surya terdapat beberapa teori yang dikemukakan. Teori apakah yang terlihat pada gambar ?
                
          a. Teori nebula
         b. Teori planetesimal
          c. Teori Bintang kembar
         d. Teori pasang surut
          e. Teori awan debu

   a.
Menanya
Diberikan perbandingan antara dua istilah tentang gerak perputaran bumi, siswa dapat membedakan pengertiannya satu sama lain
2.      Bagaimana membedakan antara rotasi dan revolusi bumi ?
a.       Gerak rotasi adalah gerakan Bumi mengelilingi matahari, melalui lintasan yang disebut orbit. Sedangkan gerak revolusi hanya ada pada bulan
b.      Gerak rotasi Bumi menyebabkan adanya perbedaan musim di permukaan Bumi, sedangkan gerak revolusi bumi berlangsung jauh lebih lama
c.       Gerak rotasi bumi menyebabkan adanya waktu siang dan malam hari di Bumi, sedangkan gerak revolusi bumi menyebabkan perbedaan musim di muka bumi
d.      Waktu yang diperlukan untuk satu putaran rotasi adalah 1 tahun, sedangkan revolusi membutuhkan waktu 24 jam
e.       Tidak ada perbedaan

c.
Mengumpulkan data
Dipaparkan sebuah informasi, siswa mampu menentukan prinsip guncangan gempa tektonik
3.      Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, wilayah pantai barat Sumatra sudah beberapa kali diguncang gempa tektonik dan dilihat dari struktur geologinya wilayah tersebut berada dizona tumbukan lempeng. Hal ini sesuai dengan prinsip….
               a. Prinsip persebaran
                b. Prinsip distribusi
            c. Prinsip interelasi
               d.  Prinsip deskripsi
               e.  Prinsip korologi

c.


Mengasosiasi
Dikemukakan ciri salah satu planet tata surya, siswa  mampu menyebutkan nama planet
4.      Analisislah ciri-ciri planet yang mempunyai jarak 58 juta km, merupakan planet terkesil dalam tata surya, suhu permukaan > 32° C, dan permukaannya sama dengan bulan adalah planet…
a.       Uranus
b.      Saturnus
c.       Jupiter
d.      Venus
e.       Merkurius

e.
Mengomunikasikan
Diberikan gambar lapisan bumi, siswa mampu mengaitkan dengan fungsi dari lapisan tersebut
5.      Berdasarkan bagan dibawah Lapisan yang berfungsi untuk pemancar radio adalah….
a.       Disispasifer
b.      Termosfer
c.       Mesosfer
d.      Stratosfer
e.       Ionosfer

b.
2.
Litosfer
Mengamati
Dijelaskan ciri-ciri suatu batuan, siswa mampu menyebutkan jenis batuan dengan cara mengamati cirinya
1.      Pelapukan batuan beku menyebabkan struktur batuan yang mudah lepas, mudah terbawa air, angin, atau es. Bagian yang terangkutini akan terendap di suatu tempat. Bagian batuan yang mengendap ini lama-kelamaan akan menumpuk dan mengeras membentuk batuan ….
a.       Granit                 
b.      Sedimen
c.       Pualam
d.      Konglomerat
e.       Marmer




Menanya
Diberikan sebuah proses batuan, siswa mampu mengkategorikan jenis batuan tersebut
2.      Pembekuan magma yang berlangsung pelahan-lahan ketika masih berada jauh di dalam kulit bumi adalah proses terjadinya batuan..
a.       Sedimen
b.      Beku dalam
c.       Beku luar
d.      Malihan
e.       Metamorf


Mengumpulkan data
Diberikan informasi/data, siswa mampu menyebutkan tingkat kesuburan tanah
3.  Pada wilayah pegunungan tinggi terdapat jenis tanah gembur berwarna hitam dan memiliki tingkat kesuburan tinggi yaitu  tanah …
a.       Latosol
b.      Margalit
c.       Podzolik
d.      Andosol
e.       Laterit


Mengasosiasi
Dijelaskan ciri-ciri suatu batuan, siswa mampu menyebutkan jenis batuan dengan cara mengamati cirinya
4.      Pelapukan batuan beku menyebabkan struktur batuan yang mudah lepas, mudah terbawa air, angin, atau es. Bagian yang terangkutini akan terendap di suatu tempat. Bagian batuan yang mengendap ini lama-kelamaan akan menumpuk dan mengeras membentuk batuan ….
a.      Granit                 
b.      Sedimen
c.      Pualam
d.      Konglomerat
e.      Marmer


Mengomunikasikan
Dipaparkan proses pembentukan batuan, siswa mampu menyebutkan jenis batuan beku
5.      Intrusi magma yang menghasilakan batuan beku di dalam dapur magma karena penurunan suhu yang sangat lambat adalah…
a.       Batolit
b.      Lakolit
c.       Sils
d.      Dikes
e.       Diantrema


3.
Atmosfer
Mengamati
Diberikan ciri-ciri lapisan, siswa mampu mengkondisikan ciri dari lapisan tersebut
1.      Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut !
1) Terjadinya pembentukan dan perubahan    cuaca, seperti angin, awan, hujan ,dan lain-lain
2) Kandungan unsurnya yang didominasi oleh unsure nitrogen dan oksigen
3) Merupakan lapisan yang mengandung air.
     Dapat dikaitkan pada gambaran ciri-ciri lapisan diatas terdapat pada….
a. Troposfer
b. Eksosfer
c. Ionosfer
d. Stratosfer
e. Mesosfer

a.
Menanya
Diberikan opsi, siswa dapat menguraikan sifat-sifat lapisan
2.      Diuraikan pada kalimat dibawah ini dengan seksama bahwa sifat-sifat lapisan atmosfer, kecuali…
a.       tidak memiliki warna 
b.      tidak berbau dan tidak memiliki wujud
c.       hanya bisa dirasakan oleh indra perasa manusiadalam bentuk angina
d.      memiliki berat sehingga dapat menyebabkan tekanan
e.       memiliki sifat plastis yang dapat mengembang danmengerut


e.
Mengumpulkan data
Dipaparkan gambar bumi, siswa mampu menyebutkan penyebab perbedaan iklim
3.      Perhatikan gambar dibawah ini.
Berdasarkan posisi geografis garis lintang, penyebab terjadinya perbedaan iklim dan cuaca di berbagai tempat adalah karena adanya perbedaan unsur …..
a.       Curah hujan
b.      Kelembaban udara
c.       Penyinaran matahari
d.      Angin
e.       Awan

a.


Mengasosiasi
Diberikan opsi unsur gas, siswa mampu menentukan manfaat dari gas 
4.              Berikut unsur-unsur gas yang terdapat dalam atmosfer.
1) Nitrogen   
2) Oksigen   
3) Ozon     
4) Karbon dioksida
5) Argon
Unsur gas yang sangat bermanfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan oleh nomor …..
a.               1)
b.              2)
c.               3)
d.             4)
e.               4)



b.


mengomunikasikan
Dipaparkan gambar siklus angin, siswa dapat menentukan jenis angin
5.      Coba telaah gambar berikut.
Angin barat ditemukan pada nomor…
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1

4.
Hidrosfer
Mengamati
Dibeikan gambar siklus air hujan, siswa mampu menyebutkan proses siklus air hujan tersebut yang ditunjukkan pada angka tertentu
1.      Perhatikan siklus daur air berikut.
Angka 2 menunjukkan proses….
a.       Evaporasi
b.      Transpirasi
c.       Presitipasi
d.      Kondensasi
e.       Infiltrasi


d.


Menanya
Diuraikan informasi dari sebuah negara, siswa dapat menjelaskan dampak pertemuan arus
2.      Dampak pertemuan arus kurosio dan oyashio bagi Negara Jepang adalah …..
a.       Jalur lalu lintas Jepang banyak yang membeku
b.      Musim dingin pelabuhan jepang terganggu di musim dingin
c.       Aktivitas perekonomian jepang terganggu di musim dingin
d.      Musim dingin pelabuhan-pelabuhan di Jepang membeku
e.       Perairan jepang banyak menghasilkan ikan

e.
Mengumpulkan data
Diberikan opsi data laut, siswa mampu menentukan kategori jenis laut
3.      Perhatikan nama-nama berikut!
1) Laut jawa
2) Selat bali
3) Laut arafura
4) Laut Sulawesi
5) Laut banda
Yang termasuk jenis laut transgresi adalah nomor…
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

a.
Mengasosiasi
Dikemukakan contoh pola aliran sungai, siswa dapat menyimpulkan kategori pola tersebut
4.      Pola aliran sungai di daerah pegunungan yang sangat terjal dan ditutupi oleh hutan alami adalah…
a.       Radial sentrifugal
b.      Rectangular
c.       Pinnate
d.      Dendritik
e.       Anular


c.
Mengomunikasikan
Dikemukakan deskripsi air tanah, siswa mampu menjelaskan penerapan ciri-ciri air tanah dangkal
5.      Air tanah dangkal merupakan air yang tedapat di atas lapisan kedap air yang paling dekat dengan permukaan bumi. Air tanah dangkal dipengaruhi oleh iklim ( curah hujan ) dan struktur tanah. Ciri – ciri air tanah dangkal…..
a.       Persamaan  permukaan air antara musim penghujan dan kemarau sangat nyata
b.      Digunakan  untuk pertanian penduduk
c.       Mudah terkena pencemaran terutama dekat pabrik
d.      Air akan keluar jika dekat dengan dataran tinggi yang merupakan lapisan kedap air
e.       Perlu penyaringan untuk digunakan air minum

b.
5.
Bencana alam
Mengamati
Dipaparkan sebuah fenomena gempa, siswa mampu menjelaskan penyebabnya
1.      Factor penyebab gempa di Nangroe Aceh Darusalam 2004 yang memakan korban jiwa sangat banyak karena..
a.       Tumbukan lempeng dikulit bumi
b.      Pusat gempa di permukaan bumi
c.       Daerah dangkal di dasar laut dangkal
d.      Pusat gempa dekat dengan pemukiman penduduk
e.       Gerakan gempa yang cepat tanpa dapat diprediksi



Menanya
Siswa mampu memecahkan masalah tentang apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa
2.      Jika terjadi gempa bumi dan siswa berada dilantai tiga ruang kelas, maka langkah yang harus dilakukan adalah..
a.       Berlari kehalaman sekolah
b.      Bersembunyi di bawah meja
c.       Berlindung di balik lemari
d.      Berlari menuju ruang terbuka di kelas
e.       Berdiam di kelas

b.
Mengumpulkan data
Dikemukakan beberapa pernyataan, siswa dapat menerapkan prinsip pencegahan gempa
3.      Pernyataan:
1.      Denah yang sederhana dan simetris
2.      Bahan bangunan seringan mungkin
3.      Kontrusksi dengan penahan beban yang memadai
4.      Struktur pondasi yang harus dalam
5.      Harus dikerjakan tenaga ahli dari luar negri
Prinsip utama pembuatan rumah tahan gempa adalah:
a.       1, 2 dan 3
b.      1, 2 dan 5
c.       1, 3 dan 4
d.      2, 4 dan 5
e.       3, 4 dan 5




Mengasosiasikan
Siswa mampu menelaah dan mengadaptasikan hal-hal yang harus dilakukan saat bencana
4.      Hal-hal pokok yang dilakukan saat tanggap darurat bencana adalah..
a.       Menghitung kerugian
b.      Merencanakan pembangunan
c.       Menyelamatkan korban
d.      Mendirikan rumah sakit darurat
e.       Mencari tempat yang aman


Mengomunikasikan
Siswa dapat memahami penerapan ilmu geografi
5.      Sumbangan utama ilmu geografi terapan dalam pengelolaan bencana adalah….
a.       Identifikasi wilayah rawan
b.      Strategi mitigasi bencana
c.       Penyusunan bencana kontijensi
d.      Kesiapsiagaan masyarakat
e.       Penilaian cepat kerusakan




 Demikiiann. terimakasih sudah mau membaca. silakan tinggalkan kritik dan saran ya pemirsa jika berkenan. see you.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar