Oke guys, postingan kali ini berasal dari salah satu matakuliah yang ane suka yaitu Bumi dan Antariksa, kalau disingkat menjadi BDA. Saya akan menampilkan tabel RPP soal BDA berikut ini yang bisa dipelajari untuk para calon guru fisika tentang gimana caranya bikin rpp soal. semoga membantu gengs :)
NO
|
Materi Pokok
|
Aspek Saintifik
|
Indikator Soal
|
Soal
|
Jawab
|
1.
|
Mengenal
bumi dan pembentukan tata surya
|
Mengamati
|
Diberikan
gambar salah satu teori tata surya, Siswa mampu menentukan kategori ciri
teori tata surya tersebut
|
1.
Pada proses pembentukan tata surya terdapat beberapa teori yang
dikemukakan. Teori apakah yang terlihat pada gambar ?
a. Teori nebula
b. Teori planetesimal
c. Teori Bintang kembar
d. Teori pasang surut
e. Teori awan debu
|
a.
|
Menanya
|
Diberikan
perbandingan antara dua istilah tentang gerak perputaran bumi, siswa dapat
membedakan pengertiannya satu sama lain
|
2.
Bagaimana membedakan antara rotasi dan revolusi bumi ?
a.
Gerak rotasi adalah gerakan Bumi mengelilingi
matahari, melalui lintasan yang disebut orbit. Sedangkan gerak revolusi hanya
ada pada bulan
b.
Gerak rotasi Bumi menyebabkan adanya perbedaan
musim di permukaan Bumi, sedangkan gerak revolusi bumi berlangsung jauh lebih
lama
c.
Gerak rotasi bumi menyebabkan adanya waktu siang
dan malam hari di Bumi, sedangkan gerak revolusi bumi menyebabkan
perbedaan musim di muka bumi
d.
Waktu yang diperlukan untuk satu putaran rotasi
adalah 1 tahun, sedangkan revolusi membutuhkan waktu 24 jam
e.
Tidak ada perbedaan
|
c.
|
||
Mengumpulkan
data
|
Dipaparkan
sebuah informasi, siswa mampu menentukan prinsip guncangan gempa tektonik
|
3.
Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, wilayah pantai barat
Sumatra sudah beberapa kali diguncang gempa tektonik dan dilihat dari
struktur geologinya wilayah tersebut berada dizona tumbukan lempeng. Hal ini
sesuai dengan prinsip….
a. Prinsip persebaran
b. Prinsip distribusi
c. Prinsip interelasi
d. Prinsip deskripsi
e. Prinsip korologi
|
c.
|
||
Mengasosiasi
|
Dikemukakan
ciri salah satu planet tata surya, siswa mampu menyebutkan nama planet
|
4.
Analisislah ciri-ciri planet yang mempunyai jarak 58 juta km,
merupakan planet terkesil dalam tata surya, suhu permukaan > 32° C, dan permukaannya sama dengan bulan adalah
planet…
a.
Uranus
b.
Saturnus
c.
Jupiter
d.
Venus
e.
Merkurius
|
e.
|
||
Mengomunikasikan
|
Diberikan
gambar lapisan bumi, siswa mampu mengaitkan dengan fungsi dari lapisan
tersebut
|
5.
Berdasarkan bagan dibawah Lapisan yang berfungsi untuk pemancar
radio adalah….
a.
Disispasifer
b.
Termosfer
c.
Mesosfer
d.
Stratosfer
e.
Ionosfer
|
b.
|
||
2.
|
Litosfer
|
Mengamati
|
Dijelaskan
ciri-ciri suatu batuan, siswa mampu menyebutkan jenis batuan dengan cara
mengamati cirinya
|
1. Pelapukan batuan beku menyebabkan struktur batuan
yang mudah lepas, mudah terbawa air, angin, atau es. Bagian yang terangkutini
akan terendap di suatu tempat. Bagian batuan yang mengendap ini lama-kelamaan
akan menumpuk dan mengeras membentuk batuan ….
a.
Granit
b.
Sedimen
c.
Pualam
d.
Konglomerat
e.
Marmer
|
|
Menanya
|
Diberikan
sebuah proses batuan, siswa mampu mengkategorikan jenis batuan tersebut
|
2. Pembekuan magma yang berlangsung pelahan-lahan ketika masih berada jauh
di dalam kulit bumi adalah proses terjadinya batuan..
a. Sedimen
b. Beku dalam
c. Beku luar
d. Malihan
e. Metamorf
|
|||
Mengumpulkan
data
|
Diberikan
informasi/data, siswa mampu menyebutkan tingkat kesuburan tanah
|
3. Pada wilayah pegunungan tinggi terdapat jenis tanah gembur
berwarna hitam dan memiliki tingkat kesuburan tinggi yaitu tanah …
a.
Latosol
b.
Margalit
c.
Podzolik
d.
Andosol
e.
Laterit
|
|||
Mengasosiasi
|
Dijelaskan
ciri-ciri suatu batuan, siswa mampu menyebutkan jenis batuan dengan cara
mengamati cirinya
|
4. Pelapukan batuan beku menyebabkan struktur batuan
yang mudah lepas, mudah terbawa air, angin, atau es. Bagian yang terangkutini
akan terendap di suatu tempat. Bagian batuan yang mengendap ini lama-kelamaan
akan menumpuk dan mengeras membentuk batuan ….
a. Granit
b. Sedimen
c. Pualam
d. Konglomerat
e. Marmer
|
|||
Mengomunikasikan
|
Dipaparkan
proses pembentukan batuan, siswa mampu menyebutkan jenis batuan beku
|
5. Intrusi magma yang menghasilakan batuan beku di dalam
dapur magma karena penurunan suhu yang sangat lambat adalah…
a.
Batolit
b.
Lakolit
c.
Sils
d.
Dikes
e.
Diantrema
|
|||
3.
|
Atmosfer
|
Mengamati
|
Diberikan
ciri-ciri lapisan, siswa mampu mengkondisikan ciri dari lapisan tersebut
|
1.
Perhatikan pertanyaan-pertanyaan
berikut !
1) Terjadinya pembentukan dan perubahan cuaca, seperti angin, awan, hujan ,dan
lain-lain
2) Kandungan unsurnya yang didominasi oleh unsure nitrogen
dan oksigen
3) Merupakan lapisan yang mengandung air.
Dapat dikaitkan pada
gambaran ciri-ciri lapisan diatas terdapat pada….
a. Troposfer
b. Eksosfer
c. Ionosfer
d. Stratosfer
e. Mesosfer
|
a.
|
Menanya
|
Diberikan opsi, siswa dapat
menguraikan sifat-sifat lapisan
|
2.
Diuraikan pada kalimat dibawah ini dengan seksama
bahwa sifat-sifat lapisan atmosfer, kecuali…
a.
tidak memiliki warna
b.
tidak berbau dan tidak memiliki wujud
c.
hanya bisa dirasakan oleh indra perasa manusiadalam bentuk angina
d.
memiliki berat sehingga dapat menyebabkan
tekanan
e.
memiliki
sifat plastis yang dapat mengembang danmengerut
|
e.
|
||
Mengumpulkan
data
|
Dipaparkan
gambar bumi, siswa mampu menyebutkan penyebab perbedaan iklim
|
3.
Perhatikan gambar dibawah ini.
Berdasarkan posisi
geografis garis lintang, penyebab terjadinya perbedaan iklim dan cuaca di
berbagai tempat adalah karena adanya perbedaan unsur …..
a.
Curah hujan
b.
Kelembaban udara
c.
Penyinaran matahari
d.
Angin
e.
Awan
|
a.
|
||
Mengasosiasi
|
Diberikan
opsi unsur gas, siswa mampu menentukan manfaat dari gas
|
4.
Berikut unsur-unsur gas yang terdapat dalam
atmosfer.
1) Nitrogen
2) Oksigen
3) Ozon
4) Karbon
dioksida
5) Argon
Unsur gas yang sangat bermanfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan oleh nomor …..
a.
1)
b.
2)
c.
3)
d.
4)
e.
4)
|
b.
|
||
mengomunikasikan
|
Dipaparkan
gambar siklus angin, siswa dapat menentukan jenis angin
|
5.
Coba telaah gambar berikut.
Angin barat ditemukan pada nomor…
a.
5
b.
4
c.
3
d.
2
e.
1
|
|||
4.
|
Hidrosfer
|
Mengamati
|
Dibeikan
gambar siklus air hujan, siswa mampu menyebutkan proses siklus air hujan
tersebut yang ditunjukkan pada angka tertentu
|
1.
Perhatikan siklus daur air berikut.
Angka 2 menunjukkan proses….
a.
Evaporasi
b.
Transpirasi
c.
Presitipasi
d.
Kondensasi
e.
Infiltrasi
|
d.
|
Menanya
|
Diuraikan
informasi dari sebuah negara, siswa dapat menjelaskan dampak pertemuan arus
|
2.
Dampak pertemuan arus kurosio dan oyashio bagi
Negara Jepang adalah …..
a.
Jalur lalu lintas Jepang banyak yang membeku
b.
Musim dingin pelabuhan jepang terganggu di musim
dingin
c.
Aktivitas perekonomian jepang terganggu di musim
dingin
d.
Musim dingin pelabuhan-pelabuhan di Jepang membeku
e.
Perairan jepang banyak menghasilkan ikan
|
e.
|
||
Mengumpulkan
data
|
Diberikan
opsi data laut, siswa mampu menentukan kategori jenis laut
|
3.
Perhatikan nama-nama berikut!
1) Laut jawa 2) Selat bali 3) Laut arafura 4) Laut Sulawesi 5) Laut banda Yang termasuk jenis laut transgresi adalah nomor… a. 1), 2), dan 3) b. 1), 3), dan 5) c. 2), 3), dan 4) d. 2), 4), dan 5) e. 3), 4), dan 5) |
a.
|
||
Mengasosiasi
|
Dikemukakan
contoh pola aliran sungai, siswa dapat menyimpulkan kategori pola tersebut
|
4.
Pola aliran sungai di daerah pegunungan yang
sangat terjal dan ditutupi oleh hutan alami adalah…
a.
Radial sentrifugal
b.
Rectangular
c.
Pinnate
d.
Dendritik
e.
Anular
|
c.
|
||
Mengomunikasikan
|
Dikemukakan
deskripsi air tanah, siswa mampu menjelaskan penerapan ciri-ciri air tanah
dangkal
|
5.
Air tanah dangkal merupakan air yang tedapat di atas
lapisan kedap air yang paling dekat dengan permukaan bumi. Air tanah dangkal
dipengaruhi oleh iklim ( curah hujan ) dan struktur tanah. Ciri – ciri air
tanah dangkal…..
a.
Persamaan permukaan air
antara musim penghujan dan kemarau sangat nyata
b.
Digunakan untuk pertanian penduduk
c.
Mudah terkena
pencemaran terutama dekat pabrik
d.
Air akan
keluar jika dekat dengan dataran tinggi yang merupakan lapisan kedap air
e.
Perlu penyaringan untuk digunakan air minum
|
b.
|
||
5.
|
Bencana
alam
|
Mengamati
|
Dipaparkan
sebuah fenomena gempa, siswa mampu menjelaskan penyebabnya
|
1.
Factor penyebab gempa di Nangroe Aceh Darusalam
2004 yang memakan korban jiwa sangat banyak karena..
a.
Tumbukan lempeng dikulit bumi
b.
Pusat gempa di permukaan bumi
c.
Daerah dangkal di dasar laut dangkal
d.
Pusat gempa dekat dengan pemukiman penduduk
e.
Gerakan gempa yang cepat tanpa dapat diprediksi
|
|
Menanya
|
Siswa
mampu memecahkan masalah tentang apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa
|
2.
Jika terjadi gempa bumi dan siswa berada dilantai
tiga ruang kelas, maka langkah yang harus dilakukan adalah..
a.
Berlari kehalaman sekolah
b.
Bersembunyi di bawah meja
c.
Berlindung di balik lemari
d.
Berlari menuju ruang terbuka di kelas
e.
Berdiam di kelas
|
b.
|
||
Mengumpulkan
data
|
Dikemukakan
beberapa pernyataan, siswa dapat menerapkan prinsip pencegahan gempa
|
3.
Pernyataan:
1.
Denah yang sederhana dan simetris
2.
Bahan bangunan seringan mungkin
3.
Kontrusksi dengan penahan beban yang memadai
4.
Struktur pondasi yang harus dalam
5.
Harus dikerjakan tenaga ahli dari luar negri
Prinsip utama
pembuatan rumah tahan gempa adalah:
a.
1, 2 dan 3
b.
1, 2 dan 5
c.
1, 3 dan 4
d.
2, 4 dan 5
e.
3, 4 dan 5
|
|||
Mengasosiasikan
|
Siswa
mampu menelaah dan mengadaptasikan hal-hal yang harus dilakukan saat bencana
|
4.
Hal-hal pokok yang dilakukan saat tanggap darurat
bencana adalah..
a.
Menghitung kerugian
b.
Merencanakan pembangunan
c.
Menyelamatkan korban
d.
Mendirikan rumah sakit darurat
e.
Mencari tempat yang aman
|
|||
Mengomunikasikan
|
Siswa
dapat memahami penerapan ilmu geografi
|
5.
Sumbangan utama ilmu geografi terapan dalam
pengelolaan bencana adalah….
a.
Identifikasi wilayah rawan
b.
Strategi mitigasi bencana
c.
Penyusunan bencana kontijensi
d.
Kesiapsiagaan masyarakat
e.
Penilaian cepat kerusakan
|
Demikiiann. terimakasih sudah mau membaca. silakan tinggalkan kritik dan saran ya pemirsa jika berkenan. see you.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar