Assalamu'alaikum selamat pagi, siang, sore, malam, bagi anda yang melihat blog saya saat ini. Kali ini saya akan berbagi tentang Tujuan
pembelajaran dari segi Kognitif, afektif, dan psikomotorik berdasarkan ABCD yang saya ambil dari tugas saya pada mata kuliah Strategi pembelajaran fisika. berikut.
1.
Kognitif
Indikator
|
Level
|
Tujuan
|
Menyebutkan
faktor yang mempengaruhi usaha
|
C1
|
Siswa dapat
menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha setelah dijelaskan dengan
benar
A : Siswa
B : menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha
C : setelah dijelaskan
D : dengan benar
|
Menjelaskn
teorema usaha
|
C2
|
Siswa dapat
menjelaskan teorema usaha dan energy setelah mempelajari konsep usaha dan
energy dengan benar
A : Siswa
B : menjelaskan teorema usaha dan energy
C : setelah mempelajari konsep usaha dan
energy
D : dengan benar
|
Menghitung
nilai usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarannya berubah-ubah
|
C3
|
Siswa dapat
menghitung nilai usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarannya berubah-ubah
setelah diawali dengan sebuah gambar dengan teliti
A : Siswa
B : dapat
menghitung nilai usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarannya berubah-ubah
C : setelah diawali dengan sebuah gambar
D : dengan teliti
|
Menganalisis
gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
|
C4
|
Siswa dapat
menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring setelah diberi sebuah
gambar contoh soal dengan cermat
A : Siswa
B : dapat
menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
C : setelah diberi sebuah
gambar contoh soal
D : dengan cermat
|
Menggabungkan
nilai energy mekanik pada bidang miring
|
C5
|
Siswa dapat
menggabungkan nilai kedua energi mekanik pada bidang miring setelah diberi
latihan dengan teliti
A : Siswa
B : dapat
menggabungkan nilai kedua energi mekanik pada bidang miring
C : setelah diberi
latihan
D : dengan teliti
|
Membuktikan
gaya konservatif dan non-konservatif
|
C6
|
Siswa dapat
membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif setelah didapatkan
pemecahan soal dengan benar
A : Siswa
B : dapat
membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif
C : setelah didapatkan
pemecahan soal
D : dengan benar
|
2.
Afektif
Indikator
|
Level
|
Tujuan
|
Menjelaskan
teorema usaha dan energi
|
A1
|
Siswa dapat
mengikuti penjelasan teorema usaha dan energy setelah dijelaskan dengan baik
A : Siswa
B : dapat
mengikuti penjelasan teorema usaha dan energy
C : setelah dijelaskan
D : dengan baik
|
Menganalisis
hubungan antara besaran usaha, gaya, dan perpindahan
|
A2
|
Siswa dapat
mengajukan pertanyaan tentang hubungan antara besaran usaha, gaya dan
perpindahan setelah mempelajari konsep usaha dan energy dengan benar
A : Siswa
B : dapat
mengajukan pertanyaan tentang hubungan antara besaran usaha, gaya dan
perpindahan
C : setelah mempelajari konsep usaha dan energy
D : dengan benar
|
Menganalisis
gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
|
A3
|
Siswa dapat
melengkapi gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring setelah diberi gambar dengan
cermat
A : Siswa
B : dapat
melengkapi gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
C : setelah diberi gambar
D : dengan
cermat
|
Menganalisis
rumus antara hubungan usaha dengan energy potensial
|
A4
|
Siswa dapat
memadukan rumus antara hubungan usaha dengan energy potensial setelah
didiskusikan dengan teliti
A : Siswa
B : dapat
memadukan rumus antara hubungan usaha dengan energy potensial
C : setelah
didiskusikan
D : dengan teliti
|
Menjelaskan
perbedaan gaya konservatif dan non-konservatif
|
A5
|
Siswa dapat
membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif pada suatu usaha
sebuah benda setelah diberikan simulasi dengan baik dan benar
A : Siswa
B : dapat
membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif pada suatu usaha
sebuah benda
C : setelah diberikan simulasi
D : dengan baik dan benar
|
3.
Psikomotorik
Indikator
|
Level
|
Tujuan
|
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi usaha
|
P1
|
Siswa dapat menyesuaikan
faktor-faktor yang mempengaruhi usaha dalam kehidupan sehari-hari setelah dijelaskan dengan
tepat
A : Siswa
B : dapat menyesuaikan
faktor-faktor yang mempengaruhi usaha dalam kehidupan sehari-hari
C : setelah dijelaskan
D : dengan tepat
|
Membedakan
gaya konservatif dan non-konsevatif
|
P2
|
Siswa dapat
mengidentifikasi gaya konservatif dan gaya non-konservatif setelah diberikan
gambar dengan cermat
A : Siswa
B : dapat
mengidentifikasi gaya konservatif dan gaya non-konservatif
C : setelah diberikan
gambar
D : dengan cermat
|
Menghitung
usaha benda akibat gaya konservatif dan nonkonservatif
|
P3
|
Siswa dapat
mengoperasikan perhitungan usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya
konsevatif dan gaya non-konservatif setelah diberi contoh soal dengan tepat
dan cepat
A : Siswa
B : dapat
mengoperasikan perhitungan usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya
konsevatif dan gaya non-konservatif
C : setelah diberi contoh soal
D : dengan tepat
dan cepat
|
Menjelaskan
adanya energy potensial dan energy kinetic pada bidang miring
|
P4
|
Siswa dapat
menggunakan simulasi dalam menjelaskan energy potensial dan energy kinetik
pada bidang miring setelah didiskusikan dengan cermat
A : Siswa
B : dapat
menggunakan simulasi dalam menjelaskan energy potensial dan energy kinetik
pada bidang miring
C : setelah didiskusikan
D : dengan cermat
|
Menjelaskan
konsep energy mekanik
|
P5
|
Siswa dapat
memberikan penjelasan tentang energy mekanik setelah mempelajari konsep usaha
dan energy dengan tepat dan lancar
A : Siswa
B : dapat
memberikan penjelasan tentang energy mekanik
C : setelah mempelajari konsep usaha
dan energy
D : dengan tepat dan lancar
|
Demikian dari saya, semoga bisa membantu anda. Lebih kurang mohon maaf dan anda bisa tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar. Terimakasih.
Wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar