Sabtu, 26 November 2016

Tujuan Pembelajaran Kognitif, Afektif, Psikomotorik


Assalamu'alaikum selamat pagi, siang, sore, malam, bagi anda yang melihat blog saya saat ini. Kali ini saya akan berbagi tentang Tujuan pembelajaran dari segi Kognitif, afektif, dan psikomotorik berdasarkan ABCD yang saya ambil dari tugas saya pada mata kuliah Strategi pembelajaran fisika. berikut.

 
1.      Kognitif
Indikator
Level
Tujuan
Menyebutkan faktor yang mempengaruhi usaha
C1
Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha setelah dijelaskan dengan benar
A :  Siswa
B :  menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi    usaha
C :  setelah dijelaskan
D : dengan benar
Menjelaskn teorema usaha
C2
Siswa dapat menjelaskan teorema usaha dan energy setelah mempelajari konsep usaha dan energy dengan benar
A : Siswa
B :  menjelaskan teorema usaha dan energy
C :  setelah mempelajari konsep usaha dan energy
D : dengan benar
Menghitung nilai usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarannya berubah-ubah
C3
Siswa dapat menghitung nilai usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarannya berubah-ubah setelah diawali dengan sebuah gambar dengan teliti
A : Siswa 
B :  dapat menghitung nilai usaha yang dilakukan oleh gaya yang besarannya berubah-ubah
C :  setelah diawali dengan sebuah gambar
D :  dengan teliti
Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
C4
Siswa dapat menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring setelah diberi sebuah gambar contoh soal dengan cermat
A : Siswa
B : dapat menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
C :  setelah diberi sebuah gambar contoh soal
D :  dengan cermat
Menggabungkan nilai energy mekanik pada bidang miring
C5
Siswa dapat menggabungkan nilai kedua energi mekanik pada bidang miring setelah diberi latihan dengan teliti
A :  Siswa
B : dapat menggabungkan nilai kedua energi mekanik pada bidang miring
C :  setelah diberi latihan
D :  dengan teliti
Membuktikan gaya konservatif dan non-konservatif
C6
Siswa dapat membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif setelah didapatkan pemecahan soal dengan benar
A : Siswa
B :  dapat membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif
C :  setelah didapatkan pemecahan soal
D :  dengan benar

2.      Afektif
Indikator
Level
Tujuan
Menjelaskan teorema usaha dan energi
A1
Siswa dapat mengikuti penjelasan teorema usaha dan energy setelah dijelaskan dengan baik
A : Siswa
B :  dapat mengikuti penjelasan teorema usaha dan energy
C :  setelah dijelaskan
D :  dengan baik
Menganalisis hubungan antara besaran usaha, gaya, dan perpindahan
A2
Siswa dapat mengajukan pertanyaan tentang hubungan antara besaran usaha, gaya dan perpindahan setelah mempelajari konsep usaha dan energy dengan benar
A : Siswa 
B :  dapat mengajukan pertanyaan tentang hubungan antara besaran usaha, gaya dan perpindahan 
C :  setelah mempelajari konsep usaha dan energy
D : dengan benar
Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
A3
Siswa dapat melengkapi gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring setelah diberi gambar dengan cermat
A : Siswa
B :  dapat melengkapi gaya-gaya yang bekerja pada bidang miring
C :  setelah diberi gambar
D :  dengan cermat
Menganalisis rumus antara hubungan usaha dengan energy potensial
A4
Siswa dapat memadukan rumus antara hubungan usaha dengan energy potensial setelah didiskusikan dengan teliti
A : Siswa
B :  dapat memadukan rumus antara hubungan usaha dengan energy potensial
C :  setelah didiskusikan 
D :  dengan teliti
Menjelaskan perbedaan gaya konservatif dan non-konservatif
A5
Siswa dapat membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif pada suatu usaha sebuah benda setelah diberikan simulasi dengan baik dan benar
A : Siswa
B :  dapat membuktikan adanya gaya konservatif dan non-konservatif pada suatu usaha sebuah benda 
C :  setelah diberikan simulasi
D :  dengan baik dan benar

3.      Psikomotorik
Indikator
Level
Tujuan
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha
P1
Siswa dapat menyesuaikan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha dalam kehidupan sehari-hari setelah dijelaskan dengan tepat 
A : Siswa
B : dapat menyesuaikan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha dalam kehidupan sehari-hari 
C :  setelah dijelaskan
D : dengan tepat
Membedakan gaya konservatif dan non-konsevatif
P2
Siswa dapat mengidentifikasi gaya konservatif dan gaya non-konservatif setelah diberikan gambar dengan cermat 
A : Siswa
B :  dapat mengidentifikasi gaya konservatif dan gaya non-konservatif
C :  setelah diberikan gambar 
D : dengan cermat
Menghitung usaha benda akibat gaya konservatif dan nonkonservatif
P3
Siswa dapat mengoperasikan perhitungan usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya konsevatif dan gaya non-konservatif setelah diberi contoh soal dengan tepat dan cepat
A : Siswa
B :  dapat mengoperasikan perhitungan usaha yang dilakukan oleh suatu benda akibat gaya konsevatif dan gaya non-konservatif
C :  setelah diberi contoh soal 
D :  dengan tepat dan cepat
Menjelaskan adanya energy potensial dan energy kinetic pada bidang miring
P4
Siswa dapat menggunakan simulasi dalam menjelaskan energy potensial dan energy kinetik pada bidang miring setelah didiskusikan dengan cermat
A : Siswa 
B : dapat menggunakan simulasi dalam menjelaskan energy potensial dan energy kinetik pada bidang miring
C :  setelah didiskusikan
D : dengan cermat
Menjelaskan konsep energy mekanik
P5
Siswa dapat memberikan penjelasan tentang energy mekanik setelah mempelajari konsep usaha dan energy dengan tepat dan lancar
A : Siswa
B :  dapat memberikan penjelasan tentang energy mekanik
C :  setelah mempelajari konsep usaha dan energy
D :  dengan tepat dan lancar



Demikian  dari saya, semoga bisa membantu anda. Lebih kurang mohon maaf dan anda bisa tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar. Terimakasih.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar